digital-printing

Terminologi Dan Fakta Percetakan Digital

Februari 23, 2021 0 By kitajaya

Dalam pencetakan digital, Anda akan menemukan berbagai terminologi yang terkait dengan berbagai aspek pencetakan. Sebagai pembeli cetak atau pemasar, Anda perlu membiasakan diri dengan berbagai istilah dan frasa yang digunakan dalam industri untuk secara efisien dan efektif melakukan proyek cetak seperti yang diinginkan.

Teknologi adalah bagian integral dari proses pencetakan digital, membantu membentuk berbagai terminologi yang digunakan. Baik itu produk, teknik, atau proses, mengetahui terminologi pencetakan digital adalah keterampilan yang berharga, dan itu bisa sangat berguna ketika membuat keputusan cetak.

Ingin membuat urutan cetak dengan benar dan menggunakan terminologi cetak yang benar? Lihat ketentuan pencetakan digital ini yang mungkin perlu Anda gunakan saat memesan produk pencetakan digital.

digital-printing

ISTILAH YANG UNIK UNTUK PENCETAKAN DIGITAL

Ada beberapa istilah yang penting untuk pencetakan digital, yang sangat membantu untuk mengetahui kapan mengambil proyek pencetakan.

Direct-to-Garment, atau DTG, adalah metode pencetakan tekstil yang menggunakan tinta khusus untuk dicetak langsung ke pakaian dengan menggunakan printer DTG. Selama prosesnya, serat kain merendam tinta, menjadi bagian permanen dari pakaian. Keunggulan DTG antara lain cetakan garmen yang tidak rentan retak, mengelupas, atau menyimpang.

Pencetakan roll-to-Roll, kadang-kadang disebut pencetakan langsung ke kain, adalah proses pencetakan tekstil yang melibatkan pencetakan langsung ke gulungan kain, daripada pada pakaian. Printer Roll-to-Roll dengan tinta khusus digunakan dalam proses, dan tinta menjadi bagian dari kain. Keuntungan roll-to-roll termasuk tekstil yang bebas retak, bebas kupas, dan bebas pudar.

Sublimasi pewarna adalah aplikasi teknologi pencetakan digital dua bagian, juga disebut sublimasi digital, yang melibatkan penggunaan tinta sublimasi untuk mencetak gambar atau grafik ke kertas transfer khusus, dan penggunaan transfer panas untuk menerapkan gambar atau grafik ke substrat tertentu. Metode ini biasanya diterapkan saat mendekorasi pakaian, spanduk, dan tanda- tanda.

Raster Image Processor (RIP) adalah perangkat lunak yang mengonversi (rasterizes) file vektor komputer (seperti Illustrator dan JPG, misalnya) menjadi gambar grafis raster yang disebut bitmap. RIP memungkinkan Anda memperbesar gambar untuk pencetakan, sambil tetap mempertahankan detail grafik.

Kustomisasi massal adalah produksi barang atau jasa yang dipersonalisasi atau disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik pelanggan dengan biaya unit rendah. Kreativitas dan fleksibilitas adalah dua pendorong utama penyesuaian massa.

Gamut warna adalah berbagai warna dan nada yang dapat diidentifikasi oleh spektrum yang terlihat dengan menggunakan sistem pencitraan. Karakteristik substrat, seperti rona, saturasi, kecerahan, dan kecerahan, semuanya memengaruhi gamut warna perangkat pencetakan.

Web-to-Print, kadang-kadang disebut W2P atau WEB2Print, adalah praktik yang hemat biaya dari pencetakan atau pencetakan online menggunakan situs web. Ada perangkat lunak web-to-print yang memungkinkan untuk mengubah jenis huruf dan tata letak, misalnya, untuk membuat konten unik untuk pencetakan otomatis.

KETENTUAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMESAN PRODUK PENCETAKAN DIGITAL

Beberapa istilah umum dikaitkan dengan produk pencetakan digital saat memesan.

Substrat mengacu pada materi dasar di mana grafik Anda dicetak. Substrat termasuk kertas, dari ringan hingga kertas kertas, film plastik, tekstil, logam, perkamen, atau kaca.

Format Besar, kadang-kadang disebut sebagai pencetakan format lebar, bervariasi dari printer ke printer dan melibatkan pencetakan yang membutuhkan peralatan khusus untuk dimensi cetak skala besar. Poster jendela, papan nama pameran dagang, atau spanduk gantung adalah contoh bahan cetak format besar.

Die-cut melibatkan penggunaan pemotongan baja mati untuk memotong tipis, bahan datar menjadi bentuk tertentu. Proses ini umumnya digunakan untuk meningkatkan materi pemasaran.

Hiasan cetak adalah elemen khusus yang ditambahkan ke bagian cetak Anda untuk menarik perhatian. Ini dapat mencakup pernis, timbul, stempel foil, sentuhan lembut, dan banyak lagi.

Lapisan adalah elemen pelindung akhir yang ditambahkan ke produk akhir atau bagian cetak untuk mencegah kerusakan atau menambahkan hiasan, seperti grit, matte, dan satin.

Bleed mencetak ke tepi selembar kertas di luar trim – titik di mana potongan cetak dipotong dari lembaran utama.

Tanda potong, juga disebut sebagai tanda pangkas, adalah indikasi dalam bentuk garis yang dicetak di sudut kertas, yang menunjukkan di mana memotong kertas untuk produk akhir.

Stok kertas adalah jenis kertas yang digunakan untuk desain cetak Anda, dengan fitur utama stok kertas untuk dipertimbangkan adalah berat, selesai, dan gloss.

Bukti mengacu pada versi awal dari karya cetak yang memberikan gambaran tentang seperti apa produk akhir akan terlihat ketika dicetak.

Mengetahui istilah cetak digital penting ini adalah keuntungan besar ketika mengerjakan proyek cetak, baik besar atau kecil dalam skala. Ini akan menghemat waktu dan uang Anda dan memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang tepat untuk proyek cetak spesifik Anda. Biasakan diri Anda dengan istilah-istilah ini jika Anda adalah pembeli cetak sehingga Anda dapat menghindari membuat kesalahan dengan pesanan cetak Anda.

Diulas oleh team kitajayafalahnaa