Model Akuisisi dan Retensi Pelanggan

Strategi Bisnis – Model Akuisisi dan Retensi Pelanggan

Maret 2, 2021 0 By kitajaya

Model bisnis tradisional dirancang untuk menarik pelanggan dan kemudian beralih ke yang berikutnya. Namun, tidakkah Anda ingin tahu apa yang terjadi pada pelanggan pertama itu?

Apakah mereka puas dengan apa yang mereka beli dari Anda? Mungkin mereka menyukai apa yang mereka beli tetapi Anda tidak pernah meluangkan waktu untuk mempertahankannya sebagai pelanggan berulang.

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin kadang-kadang melupakan retensi dan sebagian besar tergantung pada dolar iklan untuk menjangkau orang. Tapi jangan pernah lupa orang-orang yang sudah berbisnis dengan Anda. Berikut adalah empat pedoman utama yang harus diikuti untuk mengakuisisi dan mempertahankan pelanggan.

Model Akuisisi dan Retensi Pelanggan

Model Harga – Mengeksplorasi metode untuk harga produk Anda kadang-kadang sulit. Anda tidak ingin harga barang terlalu tinggi dan mengusir pelanggan potensial, tetapi pada saat yang sama Anda tidak ingin harga item terlalu rendah. Jadi, apa solusinya?

Dengan menerapkan model harga yang berbeda untuk produk Anda, Anda dapat mengembangkan berbagai opsi yang menawarkan cara yang lebih kecil atau pengantar bagi orang untuk melakukan bisnis dengan Anda tanpa harus membeli barang-barang terlaris Anda.

Iklan — Iklan adalah metode utama untuk mengetahui tentang bisnis Anda untuk menarik pelanggan baru. Untungnya, dengan media sosial dan iklan online berbayar, Anda dapat menjalankan semua iklan sendiri, yang sangat hemat biaya.

Meskipun demikian, Anda juga harus menghabiskan waktu untuk retensi pelanggan karena iklan Anda dapat dikenakan biaya lima kali lebih banyak untuk menjangkau pelanggan baru dibandingkan biaya dalam mempertahankannya.

Tidak Bisa Mendapatkan Cukup – Kemungkinan Anda memiliki sekelompok pelanggan yang sering Anda pertahankan selama bertahun-tahun bisnis Anda telah berjalan, dan mereka adalah pelanggan yang ingin Anda pelajari lebih lanjut.

Menentukan mengapa pelanggan berulang Anda terus datang kembali akan membantu Anda memahami bagaimana Anda dapat mempertahankan pelanggan baru Anda.

Jika Anda adalah toko buku dan memperhatikan bahwa sebagian besar pelanggan Anda hanya membeli misteri, Anda dapat sepenuhnya mengubah model bisnis Anda untuk menarik dan mempertahankan pelanggan yang lebih suka genre itu.

Personal Touch – Semua orang suka merasa penting, dan itulah sebabnya area kunci dalam retensi pelanggan selalu menambahkan sentuhan pribadi itu ke setiap interaksi yang Anda miliki dengan pelanggan Anda.

Menghasilkan buletin email atau membangun halaman media sosial dan mengenal pelanggan Anda adalah cara anda dapat berinteraksi dan mengenal mereka.

Anda bahkan dapat membuat jajak pendapat atau survei untuk mengetahui apa yang dinikmati orang dari bisnis Anda untuk membantu mendorong retensi pelanggan tambahan.

Memperoleh pelanggan berjalan seiring dengan retensi pelanggan, dan dua area tidak boleh dipisahkan. Memikirkan kembali strategi bisnis Anda dan menemukan apa yang dibeli pelanggan Anda dapat memberi Anda cara baru untuk menjangkau pelanggan anda di masa lalu untuk membuat mereka kembali. Selalu ingat bahwa lebih hemat biaya untuk mempertahankan pelanggan saat ini daripada menarik pelanggan baru.

Diulas oleh team KitajayaFalahnaa